Luncurkan Program RPL berbasis Distance Learning Program, DHS berharap mampu menjadi akselerator kompetensi pendidikan pekerja pariwisata di Indonesia.

  • Dibaca: 11820 Pengunjung

Foto Kegiatan

DHS – Denpasar Hotel School meluncurkan program rekoknisi pembelajaran lampau (RPL) berbasis pembelajaran jarak jauh atau distance learning program (DLP).

Sejumlah rekan industri dari DHS merasa antusias dengan program RPL – DLP untuk jenjang Diploma 1 & 2 bidang Perhotelan dengan 4 konsentrasi, yakni FB Service, Bartender, FB Product dan Housekeeping. Salah satu rekan industri DHS adalah Gcom Consultant, konsultan pendidikan dan karir yang telah bekerjasama dengan DHS semenjak 2018. Operational Manager Gcom Consulant, I Nyoman Cahyadi Wijaya, A.Md.Par., S.Tr.Par mengungkapkan program RPL berbasis DLP ini merupakan terobosan unik yang menjawab tantangan di era digital, apalagi untuk hotel-hotel yang ingin menaikan bintangnya, kualifikasi para pekerjanya terutama di bidang pendidikan sangat perlu.” Terang Cahyadi yang juga merupakan Dosen Praktisi di Program Praktisi Mengajar Kemendikbudristekdikti ini.

Direktur DHS Bapak I Made Dwija Suastana, S.H., M.H, menyampaikan bahwa program ini mengacu pada Rencana Strategis Direktorat Vokasi tahun 2020-2024 yang mana didalamnya tertuang program RPL bagi dunia vokasi. Acuan lain yang digunakan adalah SK Direktur Nomor 012/HL.369/DI/X/2022 tentang Pembentukan Program RPL berbasis DLP.

RPL-DLP di DHS dibagi menjadi 2 tipe yakni RPL DLP Tipe 1, tipe ini mengakomodir unsur pendidikan formal dengan mengakui Satuan Kredit Semester. RPL DLP Tipe 2, mengakomodir unsur non formal “Termasuk kompetisi, sertifikat atau penghargaan pada sisi informal juga akan tetap mendapatkan pengakuan. Lama kerja dalam sebuah lembaga sekolah, tentu nantinya akan memengaruhi dari pengakuan dalam Satuan Kredit Semester (SKS).” Terang bapak dwija yang juga merupakan Asesor kompetensi & Auditor CHSE.

Sementara itu, Wakil Direktur 2 Bidang Akademik dan Rencana Strategis juga turut menjelaskan kemudahan bagi mahasiswa program RPL ini. Kemudahan lain adalah biaya studi yang akan mendapatkan banyak potongan. Selain itu, pembelajaran mahasiswa program RPL akan dilakukan secara daring atau distance program learning (DLP) melalui E-Learning DHS yang telah diakui oleh Direktorat Hak Kekayaan Intelektual melalui sertifikat HKI No. EC00202135704.

“Ini merupakan wujud terobosan dari dunia vokasi untuk mengakomodir dan membantu percepatan peningkatan kompetensi dari pekerja pariwisata – perhotelan,” tuturnya.

Di samping itu, Tjokorda Agung Wira., S.Sn Juga berharap “Para Human resource/talent and culture di hotel atau restaurant mendukung program ini melalui sosialisasi program RPL-DLP dan memberikan keleluasaan bagi pegawainya yang mendaftar untuk mengikuti program RPL-DLP ini.” tutupnya.

  • Dibaca: 11820 Pengunjung